Jumat, Agustus 29, 2014

Peran dan Fungsi IKAPI Dalam Dunia Penerbitan Di Indonesia

Tak dapat dipungkiri peran IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) dalam dunia penerbitan sangat berkontribusi besar, Organisasi yang didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Mei 1950 bersifat mandiri dan IKAPI juga dapat menjadi anggota dari organisasi penerbitan buku internasional.

IKAPI didirikan dengan berasaskan pancasila, adapun tujuan berdirinya adalah meningkatkan fungsi dan peran buku dalam kehidupan masyarakat dan memajukan industri penerbitan buku, sebagai upaya ikut serta secara aktif mencerdasakan kehidupan bangsa. IKAPI juga berfungsi sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, konsultasi, advokasi dan pembinaan pengusaha industri penerbitan buku indonesia, 

Sebagai organisasi penerbitan buku Indonesia IKAPI mempunyai peran sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan buku.
  2. Memperjuangkan kepentingan anggota dan industri penerbitan buku.
  3. Membina kerja sama dengan semua pihak yang berhubungan dengan industri penerbitan buku, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  4. Memprakarsai, mendorong dan ikut serta dalam kegiatan perbukuan nasional dan internasional.
  5. Mengadakan kegiatan dan usaha lain yang sah serta tidak bertentangan dengan asas dan tugas IKAPI.
IKAPI juga mampu bekerjasama dengan pemerintah dalam proyek pengadaan buku sekolah, bagi masyarakat lainnya IKAPI menerbitkan buku-buku umum dari tingkat anak-anak sampai dewasa. IKAPI juga merangkul para penulis baik penulir senior ataupun dengan para penulis baru, dengan seringmya mengadakan event-event dengan tujuan mejaring penulis-penulis baru yang produktif. Selain mengadakan event IKAPI juga menyelenggarakan pameran-pameran buku baik bersifat lokal, nasional maupun internasional.


Namun pada perjalanannya peran dan fungsi IKAPI tidaklah mulus, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pengeditan buku yang sesuai tujuan dan konten, dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk para editor buku. 

IKAPI harus lebih selektif lagi dalam permasalahn ini karen buku adalah sumber informasi, tetapi jika informasi yang disampaikan salah dan tidak tepat sasaran terutama untuk anak-anak, bagi mereka semua yang ada dibuku itu adalah benar.

IKAPI juga harus mampu merangkul para penerbit-penerbit kecil dengan cara menjembatani mereka dengan para penerbit-penerbit besar yang pengetahuannya tentang dunia penerbitan yang pastinya lebih baik dari pada para penerbit kecil.  

Masih kurangnya minat baca, disinilah peran IKAPI dituntut harus menumbuhkan minat baca bagi seluruh rakyat indonesia baik yang dipelosok desa sampai ke kota-kota besar dengan cara menirimkan para relawan yang mengusung tema "Dengan Membaca Kita Mampu Mengenggam Dunia".

#PameranBukuBdg #Harike5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar