Sabtu, Agustus 30, 2014

Perintah Membaca dan 3 Masalah Dalam Dunia Penerbitan

Wahyu yang pertama kali turun yang disampaikan kepada Nabi kita Muhammad SAW melalui malaikat jibril ialah surat Al-'Alaq ayat 1-5 yang berisi tentang perintah membaca, Allah memerintahkan kepada hambanya untuk membaca ayat-ayatNya baik yang secara Kauniyah (Baca; Alam) ataupun ayat Qauliyah (Baca; Al-Qur'an). atas dasar inilah membaca harus kita jadikan kewajiban, dengan membaca kita mampu memahami apa yang belum paham, mengetahui apa yang belum diketahui dan mengingat apa-apa yang sudah lupa.

Targetkan untuk membaca dan membeli buku pada setiap bulannya, bila perlu buatlah daftar buku yang harus dibaca dan dibeli pada sebuah buku atau papan matriks. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli buku agar buku yang kita beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, diantaranya: 
  1. Melihat judul buku
  2. Siapa penulisnya
  3. Penerbit apa yang menerbitkannya, 
  4. Sesuaikan buku yang dibeli dengan budget yang dimiliki
  5. Utamakan membeli buku yang sedang dibutuhkan 
Dalam sebuah buku didalamnya ada tangan-tangan yang secara tidak langsung menjadikan buku tersebut bermutu, mereka adalah penulis dan penerbit. Namun ada beberapa hal yang sangat krusial dihadapi saat ini adalah banyaknya pembajakan, munculnya buku elektronik (e-book).serta kurangnya minat baca para generasi muda. 

Pembajakan buku sering terjadi pada buku-buku best seller bahkan pada buku-buku yang baru terbit sudah dibajak, perkembangan industri juga merubah kebiasaan masyarakat kota yang sebelumnya membaca buku atau media cetak beralih kepada media elektronik dengan mengakses buku di internet. Disinilah  tugas organisasi penerbitan dibutuhkan terutama IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) dalam memperbaiki keadaan ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar