Selasa, Januari 07, 2014

Materi TIK kelas 7 semester 2

1. Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang artinya menghitung
2. Komponen-komponen komputer saat kita menggunakan komputer adalah 

A. Perangkat Keras (hardware)
B. Perangkat Lunak (software)
C. Operator (User / Brainware)

SISTEM KERJA KOMPUTER 
A. HARDWARE
1) Input
-Keyboard --->alat untuk menuliskan perintah melalui huruf dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut di olah secara elektronis oleh CPU --

-Mouse--->penunjuk (pointer ) yang dapat di gerakan ke mana saja berdasarkan arah bola kecil yang terdapat dalam mouse

-Pointer--->suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi

-Camera Digital--->Merupakan  alat yang memudahkan untuk memasukkan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif besar ke dalam komputer

-Handy cam  Light pen Touch Screen : : : : di gunakan dalam dunia video editing yang sangat berperan dalam proses “Capturing".

-Microphone untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan microphone tentu saja memerlukan perangkat keras tambahanyangberupa sound dan speaker alat yang di gunakan dengan skrin komputer yang peka cahaya.

-Light pen di gunakan dalam bidang reka bentuk pengeluaran /CAM (Computer Aided Manufacturing) 

-Touch Screen--->merupakan layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya.

2. CPU (Central Processing Unit)

-CU (Control Unit) - : unit yang bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan pada sistem komputer.

-ALU (Arithmetic and Logic Unit) : melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan Intruksi program, disamping itu juga melakukan perhitungan fungsi logika.

-RAM (Random Access Memory) : jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat

-ROM (Read Only Memory)  )  : : : jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System).
alam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan

-BUS digunakan untuk menghubungkan antara CPU dengan memory utama atau dengan alat-alat input/output (I/O) dalam suatu jalur.

-Catu daya (power supply) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer

08 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar